Recommended! 3 Destinasi Wisata Bawah Laut Terpopuler di Indonesia

Recommended! 3 Destinasi Wisata Bawah Laut Terpopuler di Indonesia

Recommended! 3 Destinasi Wisata Bawah Laut Terpopuler di Indonesia

Bagi sebagian besar orang, gunung sudah menjadi destinasi wisata yang dianggap biasa. Tapi peminatnya tetap masih belum berkurang, karena Indonesia memiliki banyak pegunungan yang mempesona. Nah, jika ingin mencoba tempat berbeda, maka destinasi wisata bawah laut sangat direkomendasikan. Langsung saja intip 3 tempat yang terpopuler di Indonesia.

1. Kepulauan Raja Ampat
Penamaan Raja Ampat atau ‘Empat Raja’ berasal dari 4 pulau utama Papua Barat yang banyak dijumpai lukisan dari batu kuno. Destinasi wisata bawah laut yang satu ini bukan hanya populer di Indonesia, tapi juga dunia. Hal ini dikarenakan, keindahan biota lautnya yang memukau dan kehadiran beberapa spesies endemik (hanya ada di sini).
Tidak berlebihan jika tempat ini dijuluki sebagai ‘surga bawah air’. Dengan luas hampir 5 hektar (tanah dan laut), ratusan karang, ribuan ikan dan moluska, ratusan reptil serta mamalia laut, Anda wajib membawa kamera digital tahan air saat menyelam di dalamnya.

2. Taman Laut Nasional Bunaken
Taman laut ini terletak di Sulawesi Utara, tepatnya di lokasi yang disebut ‘Segitiga Terumbu Karang’. Dengan luas hampir 900 km2, Anda bisa menemukan ratusan terumbu karang dan spesies bawah laut yang menakjubkan lainnya di sini. Bahkan taman laut ini sudah terdaftar di UNESCO.
Tempat ini juga cocok untuk dijadikan salah satu destinasi saat melakukan studi tour. Hal ini dikarenakan, ekosistem lautnya yang lengkap mewakili materi Ekosistem yang dipelajari pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa jurusan Biologi. Ada ekosistem pantai, terumbu karang, padang rumput laut, serta lainnya.

3. Taman Laut Nasional Wakatobi
Taman ini masih sepulau dengan Bunaken, tepatnya di Sulawesi Tenggara. Luasnya mencapai 1,5 juta hektar dan memiliki keanekaragaman hayati laut tertinggi di Indonesia. Ada 4 pulau besar di Wakatobi ini, yaitu Pulau Wangi-wangi, Tomia, Binongko, dan Kaledupa. Anda bisa menemukan gua bawah laut di antara ratusan jenis terumbu karangnya.

Warna-warni dari ratusan jenis ikannya akan memanjakan mata. Anda juga bisa menyaksikan banyak penyu yang sedang bertelur di pantai dan berbagai jenis burung laut di atas batu karang. Wakatobi juga telah dijadikan sebagai pusat penelitian bawah laut dunia. Bagian terdalamnya yang berada 1 kilo meter di bawah permukaan air memang cocok untuk diteliti.

Destinasi wisata bawah laut populer lainnya yaitu Kepulauan Seribu, Gili Ketapang, Gili Meno, dan masih banyak lagi. Jadi, segera siapkan kamera digital tahan air Anda dan bagi yang belum bisa berenang, mulailah dari sekarang. Meski memakai peralatan snorkeling atau diving, Anda tetap memerlukan keahlian yang satu ini. So, take yout holiday now!