Hati-Hati! Lakukan 6 Tips Beli Motor Bekas Ini Agar Tak Tertipu

Hati-Hati! Lakukan 6 Tips Beli Motor Bekas Ini Agar Tak Tertipu
Hati-Hati! Lakukan 6 Tips Beli Motor Bekas Ini Agar Tak Tertipu

Alat transportasi tergolong penting dalam kehidupan manusia karena mendukung lancarnya perjalanan untuk memenuhi kebutuhan. Motor adalah salah satu alat transportasi pribadi yang siap siaga. Tips beli motor bekas bisa diterapkan jika ingin membeli motor bekas untuk lebih menghemat budget dan tak tertipu. Simak 6 tipsnya berikut ini.

1. Menentukan Motor yang Akan Dibeli
Penentuan terhadap motor yang akan dibeli merupakan hal yang penting. Usahakan memilih motor yang Anda kuasai, termasuk jenis motornya. Anda bisa memilih motor gigi, motor sport, ataupun motor matic. Desain dan kriteria spesifikasinya dapat Anda tentukan dengan patokan anggaran sesuai daya beli dan selera yang Anda inginkan.

2. Mengetahui Harga Pasaran
Harga jual yang ditawarkan juga harus disesuaikan dengan harga pasaran. Anda harus mengetahui harga pasaran dari motor yang dipilih, sehingga tidak tertipu dengan harga yang terlalu tinggi. Anda bisa mengetahuinya dari media cetak ataupun via situs online. Hal ini bisa mengantarkan Anda mengetahui harga pasar dari motor yang dipilih.

3. Memilih Penjual yang Terpercaya
Setelah memetakan anggaran serta memilih jenis motor dan merek motornya, maka Anda bisa membeli di penjual yang terpercaya. Carilah penjual yang sudah punya reputasi unggul. Anda dapat membeli motor melalui dealer yang terpercaya dan terdapat prosedur ketat. Sebagai pilihan lain, Anda bisa membeli motor ke orang yang sudah biasa jual beli motor.

4. Memeriksa Kelengkapan Surat
Kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor juga diperlukan untuk menjamin legalitas motor tersebut. Dalam membeli motor bekas, periksalah kelengkapan suratnya, mencakup BPKB dan STNK. Cek juga terkait kesesuaian nomor rangka dan nomor mesin yang ada di badan motor dengan nomor yang tercantum di surat. Intinya, motor second harus terpercaya.

5. Memeriksa Kondisi Motor
Kondisi motor yang prima menandakan kondisi motor yang aman dan layak pakai. Untuk itu, maka periksalah kondisi motor secara keseluruhan, baik dari segi fisik, maupun kualitas spesifikasinya. Pilihlah yang keadaannya masih mulus serta periksa speedometer, meteran bensin, lampu, serta olinya.

6. Mencoba Mengendarainya
Langkah terakhir untuk mengetahui performa motor secara riil adalah dengan mencoba mengendarainya. Anda dapat melakukan test ride sejauh 500 meter untuk mengetahui kualitas dari komponen motor, termasuk rem, kelistrikan motor (lampu dan klakson), dan lain sebagainya.

Keputusan pembelian mengenai suatu hal harus dilakukan dengan baik agar memperoleh produk yang benar-benar tepat serta tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Penerapan tips beli motor bekas tersebut merupakan salah satu cara memperoleh motor berkualitas agar layak pakai dan mampu bertahan lama, sehingga tepat untuk digunakan.